Senin, 16 Januari 2012

Belajar Seluk Beluk Budidaya dan Produksi Baglog Jamur

Setelah memperoleh materi praktik, peserta kemudian diajak untuk mengunjungi Aneka Mesin. Di Aneka Mesin, peserta berkesempatan untuk melihat dan mengetahui proses produksi mesin-mesin tepat guna, terutama yang berkaitan langsung dengan produksi jamur, seperti mesin press baglog dan mesin spinner (untuk olahan jamur). Peserta memperoleh penjelasan langsung dari staff teknik Aneka Mesin mengenai proses pembuatan, spesifikasi mesin, dan fungsi masing-masing mesin.
Kunjungan ke Aneka Mesin 200x151 Belajar Seluk Beluk Budidaya dan Produksi Baglog Jamur Pada hari kedua pelatihan Sabtu (17/12), ketiga orang peserta mengawali sesi pelatihan dengan penjelasan mengenai kelas online jamur dari Lantabura Media. Setelah itu, dilanjutkan kembali dengan materi teori yang belum disampaikan pada hari sebelumnya. Analisa usaha menjadi materi pokok yang diberikan pemateri kepada para peserta. Dari materi tersebut, peserta memperoleh gambaran riil tentang arus biaya, baik untuk budidaya jamur, maupun pembibitan jamur.
Untuk menjawab rasa penasaran peserta terhadap produk olahan jamur, mereka kemudian diajak untuk santap siang dengan menu serba jamur. Sate jamur, tongseng jamur, pepes jamur, rendang jamur, jamur bakar, dan lumpia jamur, merupakan beberapa sajian menu olahan jamur yang dinikmati peserta pada waktu tersebut. Kenikmatan aneka olahan jamur dan peluang usahanya membuat ketiga peserta semakin yakin untuk mengembangkan usaha jamur di tempat tinggalnya masing-masing.
Kelas pelatihan kemudian diakhiri dengan kunjungan langsung ke salah seorang petani jamur yang sudah lama membudidayakan jamur. Disitu, peserta mendapat penjelasan mengenai bentuk rumah/ kumbung jamur yang ideal, serta berbagi pengalaman dengan si petani jamur. Masing-masing mengamati dengan seksama setiap sudut kumbung jamur, baik mengenai kapasitas, pengaturan rak, sampai dengan perawatan sehari-hari jamur tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar